Bisnis ikan cupang

  

“ USAHA BISNIS IKAN CUPANG ”

 

(raihbetta.id)

 

      1.) ANALISIS ( SWOT)

 

- STRENGHT (Kekuatan)

1. Usaha bisnis masih luas

2. Bentuknya yang indah sehingga banyak diminati oleh orang untuk mememilharanya

3. Teknik budidaya mudah

4. Harga yang lumayan untuk seorang reseller langusng mengambil dari petani

5. Bisa promosi lewat social media

 

- WEAKNESS (Kelemahan)

1. Intensifikasi lahan kurang

2. Teknik budidaya masih konversional

3. Kondisi ikan yang tergantung pada perawatan / pemeliharaan

4. Aktifitas kelompok yang kurang

5. Harga relatif murah

 

- OPPORTUNITIES (Peluang)

1. Bisa dijadikan usaha sampingan sambil kuliah

2. Bisa menghasilkan uang sendiri untuk tambahan jajan / meringankan beban orang tua

3. Bisa dikonteskan jika ingin

4. Pengembangan jejaring kerja sama

5. Pengembangan/ekstentifikasi lahan


- THREAT (Ancaman)

1. Persaingan sekarang semakin ketat

2. Perubahan cuaca yang tidak bisa di prediksi

3. Lahan yang tidak mendukung untuk budidaya ikan

4. Harga pakan ikan yang tidak stabil

5. Penyakit terhadap ikan cupang

 

2.) STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

 

- SEGMENTING (Segmentasi)

Segmenting / segmentasi adalah seni dan ilmu untuk melihat, mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul dan berkembang di tengah masyarakat. Jadi kita sebagai seller / breeder ikan cupang harus kreatif dan inovatif dalam melihat perkembangan yang terjadi, karena segmentasi adalah langkah awal  yang dapat berpengaruh pada kegiatan bisnis ikan cupang ini. Dengan cara kita harus up to date dengan ikan apa yang trend pada saat ini dan saat itulah kita harus mengkawinkan / breed (croos) jenis ikan tersebut. Dan bisa juga dengan cara kita sendiri untuk mengkawinkan silang dangan jenis ikan lain misal jenis ( Nemo Galaxy x Cooper).

 

- TARGETING (Target)

Targeting atau menetapkan target pasar adalah tahap selanjutnya  dari analisis segmentasi. Yang dimaksud target pasar disini adalah satu atau beberapa segmen pasar yang menjadi fokus kegiatan  pemasaran. Target saya sebetul siapa saja, yaitu orang orang yang hobi dengan ikan hias.

 

- POSITIONING (Posisi)

Positioning adalah strategi untuk merebut posisi di benak konsumen, sehingga strategi ini menyangkut bagaimana membangun    kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi buyer.

Disini saya akan bertanggung jawab. Terhadap kualitas ikan yang dikirim selalu stabil setiap minggunya dan ketika terjadi kematian  dalam proses pengiriman, dari saya akan melihat penyebab kematian ikan tersebut.

Jika ikan tersebut mati dalam perjalanan karena memang kurang

sehat, atau penyebab kurir, kita akan mengganti dengan jenis ikan yang  sama di pengiriman berikutnya. Selain itu komunikasi baik  yang terus dilakukan baik antara saya dengan konsumen.

 

PLC (Produt Life Cycle)

- Tahap Perkenalan (Introducing)

raihbetta.id adalah seller/breeder ikan cupang, yang menjual segala jenis ikan cupang dengan harga menengah. Jenis ikan yang biasa kita jual ialah jenis avatar,koi galaxy,fancy,blue rim, nemo galaxy, multicolour dll.

kita berlapak di halaman rumah, letaknya di Kp. Pengggarutan Rt.002 Rw.027, Bagi penghobi ikan cupang bisa langsung ke lokasi untuk melihat berbagai jenis ikan untuk dijual.

 

- Tahap Pertumbuhan (Growth)

Dalam tahap pertumbuhan ini raihbetta.id pastinya mengalami perubahan harga,dimulai dengan naik dan turun, itu penyebab peminat jenis ikan tersebut telah berkurang atau sudah banyak.

 

- Tahap Kematangan ( Maturity)

Dalam tahap kematangan ini raihbetta.id mempunyai kios untuk menjual ikannya, dengan tujuan untuk mengenali nama raihbetta.id di kalangan masyarakat, maka dari itu raihbetta.id memilih tempat yang strategis untuk bisnisnya tersebut.

 

- Tahap Kemunduran (Decline)

Dalam tahap ini raihbetta.id mempunyai cara untuk mengatasi kemunduran tersebut, yaitu dengan cara, ketika orang membeli ikan kita, kita akan membonuskannya entah itu pakan, atau obat-obatan khusus untuk ikan cupang, sehingga insyaAllah buyer akan tetap membeli ikan yang kita jual karna ada keuntungannnya bagi mereka.

 

- Kebijakan Harga Ikan


Jenis ikan

* Avatar = 350 - 500

* Blue Rim  = 350 - 500

* Koi = 150 - 300

* Nemo = 150 - 300

* Red Dragon = 50 -100

* Cooper = 100 - 250

* Fancy = 50 - 150

* MultiColour = 350 - 500

 

            Jika anda berminat untuk memesan klik disini.



Komentar

Postingan Populer